Lembaga Adat Paser Siap Bersinergi dengan Polda Kaltim Wujudkan Kondusifitas Keamanan Pembangunan IKN

249

SOROTONLINE.COM – Lembaga Adat Paser (LAP) dan Masyarakat Kabupaten Paser mendukung sepenuhnya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan Ketua LAP Aji Ayub, Rabu (14/12/2022) disela persiapan kegiatan Melas Taon yang akan berlangsung di Gentung Temiang Kilometer 5 Tanah Grogot.

Menurut Aji Ayub, pembangunan IKN didukung sepenuhnya oleh LAP termasuk bersinergi Polda Kaltim soal keamanan agar tetap aman dan kondusif di wilayah Kaltim.

“Kami (LAP) mendukung Polda Kaltim menjaga Kantibmas yang kondusif dalam rangka pembangunan IKN Nusantara di Kaltim,” kata Aji Ayub.

Dengan adanya IKN kata Aji Ayub, juga diharapkan khususnya masyarakat LAP agar memperoleh kesempatan yang sama untuk mendapatkan peluang kerja dan lainnya.

Selain itu, LAP juga berharap kepada pemerintah agar membantu membangkitkan budaya adat Paser untuk menampilkan ornamen Paser di bangunan IKN.

Dikatakan, dalam kegiatan Melas Taon selain sebagai acara rutin dilaksanakan setiap tahun juga sebagai bentuk dukungan pembangunan IKN.

“Melas Taon memang rutin dilaksanakan, ini juga sebagai bentuk dukungan kita terhadap IKN dan bahkan dari awal LAP sudah mendukung adanya pembangunan IKN di Kaltim.

Kegiatan Melas Taon juga membuka ruang terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menumbuhkan perekonomian terhadap pelaku-pelaku usaha.

“Dalam acara ini juga ada UMKM, jumlahnya sampai hari ini ada 21 stan, ini semua untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Paser,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pada acara Melas Taon terdiri beberapa rangkaian kegiatan seperti Ritual Adat, Kesenian, Pertandingan Olahraga Ketangkasan Khas Masyarakat Adat Suku Paser serta dan Bazar UMKM. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.