Bebas Asimilasi, WBP Rutan Tanah Grogot Terima Gaji

258

SOROTONLINE.COM – Sebanyak 12 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dapat langsung menghirup udara Segar karena mendapat program Asimiliasi di rumah, Selasa, (31/1/2).

Hal tersebut sebagai alternatif mengatasi kelebihan kapasitas dimasa Pandemi Covid-19, sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : M.HH-186.PK.05.09 TA 2022.

Diantara mereka ada beberapa WBP Rutan Tanah Grogot yang mendapatkan gaji yang diberikan langsung secara simbolis oleh Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad.

Gaji itu merupakan program premi yang diperoleh WBP yang digagas Kepala Rutan Bayu Muhammad, sebagai bentuk apresiasi atas segala dedikasi dan kepatuhan dalam melaksanakan Program pembinaan yang ada.

Bagi WBP yang terjaring Program Pembinaan, seperti program Pembinaan Kemandirian Pertanian, Perikanan, Meubeler, Tata boga , dan Program lainnya, maka hasil penjualan produk yang dihasilkan sebagian akan diberikan kepada Warga binaan dalam bentuk premi.

Sedangkan sebagian lagi dari hasil penjualan produk itu, akan disetorkan kepada Negara dalam bentuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dengan begitu secara tidak langsung Warga binaan ikut andil dalam memberikan pendapatan untuk negara.

“Program premi ini sendiri merupakan wujud perhatian dan apresiasi negara kepada mereka yang sudah mengikuti program pembinaan dengan baik, tentunya dengan kemampuan yang dimiliki, harapannya mereka mampu berwirausaha dengan premi yang mereka dapatkan,” kata Bayu.

RL salah satu WBP yang bebas Asimiliasi, mengikuti program pembinaan yang ada, RL mengantongi premi sebanyak Rp 10 juta dan diikuti WBP lainnya yang juga mendapatkan premi dengan besaran yang beragam sesuai lamanya WBP mengikuti pembinaan.

Menurut Bayu, Program ini tidak lepas dari Kolaborasi yang solid dengan Stakeholder dan komitmen kuat jajaran Rutan Tanah Grogot dalam mengimplementasikan “Zero Money”.

“Kesuksesan program ini tidak lepas dari komitmen kuat jajaran dan Sinergitas yang solid dengan mitra,” ujarnya.

Dijelaskan, Rutan Tanah Grogot dalam Menegakkan Zero Money menjadi salah satu indikator penting dalam terciptanya program yang dicanangkan di Rutan Tanah Grogot.

Melalui sistem cashless (Uang elektronik) dan menggandeng pihak BRI Cabang Tanah Grogot, membuat sistem pelaksanaan yang berjalan menjadi kredibel, transparan dan berintegritas.

“Dengan berkolaborasi bersama teman teman BRI, melalui sistem cashless (uang elektronik) ini sangat berperan penting dalam mewujudkan pelayanan prima di Rutan Tanah Grogot, selain mencegah praktek pungli, ini juga membuat program di Rutan Tanah Grogot semakin pasti, tertata, dan berintegritas, sehingga kesejahteraan warga binaan pun meningkat” pungkasnya. (*/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.