Akhirnya Kabupaten Paser Dapat Piala Adipura 2022 dari KLHK

106

SOROTONLINE.COM – Kali pertama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, Kaltim mendapat Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Piala Adipura diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Bupati Paser Fahmi Fadli di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Dengan adanya Piala Adipura tersebut Bupati Paser Fahmi Fadli mengatakan, ini merupakan motivasi bagi Pemda dan masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan yang bersih di Bumi Daya Taka.

“Kita akan pertahankan Piala Adipura ini, dan juga berupaya selalu mendapatkannya ditahun berikutnya. Perolehan ini juga berkat kerja keras semua pihak dalam mewujudkan program Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera (MAS),” kata Bupati Paser dr Fahmi Fadli.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Paser Achmad Syafari mengatakan, sebelumnya DLH Paser menargetkan mendapatkan Piala Adipura pada tahun 2026

“Kita sudah persiapan dan pembinaan dari tahun sebelumnya, dan menargetkan piala Adipura tahun 2026. Ternyata malah tahun 2022 kita diakui sudah berhasil oleh tim penilai Adipura,” ucap Safari.

Dikatakan, penilaian Adipura dilakukan KLHK pada 2022 lalu. Objek penilaian antara lain pasar, jalan perkotaan, Tempat Pengolahan Akhir (TPA), sekolah, ruang terbuka hijau dan keberadaan tanaman peneduh kota.

Menurutnya, penghargaan yang diterima Pemkab Paser ini bukan hanya kinerja dari DLH, tetapi kerja sama lintas sektor yang memiliki komitmen bersama mengelola lingkungan.

“Ini bukan hanya kerja DLH, penghargaan Piala Adipura ini berkat kerja lintas sektor yang sudah berkomitmen untuk mengelola lingkungan perkotaan,” ucapnya.

Sebelumnya kata Safari, Pada 2019 lalu Kabupaten Paser menerima penghargaan berupa Piagam Adipura. Perbedaan Piala Adipura dan Piagam Adipura di bobot penilaian. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.