Berikan Perhatian Pada Operator SIRUP, Pemkab Paser Gelar Sosialisasi Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri

348

SOROTONLINE.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melalui Bagian Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Paser menggelar Sosialisasi Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri, pada Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Berlangsung di Grand Senyiur Hotel Balikpapan (9/3/2023), Bupati Paser dr Fahmi Fadli saat membuka sosialisasi mengungkapkan sebuah pujian yang disampaikan narasumber Samsul Ramli kepada dirinya.

Pasalnya, pejabat Ahli Utama Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah ini mengatakan, hanya Kabupaten Paser yang memberikan perhatian kepada para operator SIRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan).

“Salah satu bentuknya melaksanakan sosialisasi bagi para operator, semoga kegiatan ini memotivasi dan menambah wawasan dalam percepatan mewujudkan program pembangunan di Kabupaten Paser,” kata Bupati Paser.

Menurutnya, perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) diarahkan pada ketersediaan jaringan informasi dan data yang menghubungkan antar semua instansi Pemerintah dalam rangka integrasi pelayanan umum.

Sehingga menjadi pelayanan umum yang cepat, profesional, transparan, dan lebih mudah selaras dengan program Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera) yang merupakan harapan dari seluruh masyarakat sebagai bagian dari pelayanan.

“Pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan salah satu aktifitas yang sering mendapat sorotan. Dalam beberapa tahun terakhir, permasalahan dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah mulai berkurang sejak diadakannya Sistem Pengadaan Secara Elektronik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Fahmi berharap, dengan dilaksanakannya sosialisasi ini sebagai upaya mewujudkan penyusunan perencanaan pembangunan yang bisa sejalan dengan kebijakan pemerintah.

Selain itu juga ada kerjasama, keterlibatan, dan kesungguhan dari semua pihak terutama para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser selaku Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran (PA/KPA).

“Diharapkan agar menggunakan Aplikasi SIRUP untuk mengumumkan Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa (RUP) sesuai petunjuk dan pedoman pemerintah,” ungkapnya.

Dijelaskan, perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi telah berdampak pada perubahan-perubahan mendasar yang membawa Bangsa Indonesia menuju paradigma baru memasuki era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Alhamdulillah, pada pertengahan tahun 2014 Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) telah mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP),” ujarnya.

“Hal ini dilakukan LKPP untuk memberi kemudahan bagi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/Institusi (K/L/D/I) dalam pelaksanaan mengumumkan RUP,” sambungnya.

Berkaitan kegiatan sosialisasi kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser mengambil tema “Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Perencanaan Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah”.

“Kami harapkan seluruh perangkat daerah dapat memaksimalkan perencanaan dan merealisasikan pengadaan barang dan jasa dalam rangka mewujudkan Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera (MAS) dengan memanfaatkan penggunaan produk dalam negeri,” terangnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.