Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar, Wabup Masitah Pimpin Upacara Hardiknas 2023

156

SOROTONLINE.COM – Wakil Bupati (Wabup) Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf selaku Pembina Upacara memimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di halaman Kantor Bupati, Senin (1/5/2023).

Mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, upacara Hardiknas tersebut dihadiri Asisten Administrasi Umum Murhariyanto, para Kepala Perangkat Daerah serta Guru pendidik sekolah.

Pada kesempatan tersebut, Masitah membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang menyebutkan bahwa sebanyak 24 Episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan akan membawa dan semakin dekat dengan cita – cita luhur Ki Hajar Dewantara.

“Cita-cita luhur yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, potensi peserta didik agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi – tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” kata Masitah.

Dikatakan, anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Selain itu, para kepala sekolah dan kepala daerah dimana dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya, tapi sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

“Para guru sekarang berlombalomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar, selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” ujarnya.

Masih dalam sambutannya dikatakan, sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

“Pada jenjang Perguruan Tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya programprogram Kampus Merdeka,” paparnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Masitah menyampaikan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023,

“Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat di Bidang Pendidikan atas segala dedikasi, ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang diberikan dalam memajukan pendidikan khususnya di Kabupaten Paser sebagai wujud menyukseskan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera),” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.