Rutan Tanah Grogot Ikuti Upaca Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 Secara Virtual

172

SOROTONLINE. COM – Jajaran Rumah Tahananan (Rutan) Tanah Grogot mengikuti Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 tahun 2023 secara Virtual, pada Selasa, (2/5/2023).

Dipimpini Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad, kegiatan yang dilaksanakan hybrid berpusat di Jakarta itu di ikuti penuh semangat oleh jajaran Struktural maupun seluruh staf.

Selain itu juga hadir Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Purnawirawan Rutan Tanah Grogot.

Upacara Peringatan Hari Bakti pemasyarakatan ini dibuka langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly beserta jajarannya.

Dimana pelaksanaan Upacara merupakan giat puncak dari rangkaian kegiatan dalam memperingati HBP ke-59 Tahun 2023.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Transformasi Pemasyarakatan semakin PASTI BerAKHLAK, Mewujudkan Indonesia Maju”, tersirat sejuta doa dan harapan untuk kemajuan Pemasyarakatan.

Pelaksanaan upacara diawali pembacaan Sejarah Singkat Pemasyarakatan, lalu dilanjutkan mengheningkan cipta, pembacaan Teks Pancasila.

Selanjutnya pembacaan Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Tri Dharma dan beberapa rangkaian kegiatan tambahan persembahan jajaran Pemasyarakatan.

Dalam Sambutannya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly menuturkan pentingnya mengimplementasikan 3 point utama di Hari jadi Pemasyarakatan Tahun ini.

“Perlu saya tegaskan juga, 3 point utama yang menjadi perhatian, pertama tuntaskan target kinerja, lalu kedua perkuat Sinergi dan kolaborasi, dan terkahir Tingkatkan kedisiplinan tinggi sebagai abdi Negara”, tegas Yassona.

Pada kesempatan itu,Ia juga mengucapkan Selamat Idul Fitri Fitri bagi jajaran yang menunaikan, baginya di kesempatan yang Fitri ini dapat menjadi momentum untuk menjadi insan pemasyarakatan yang lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.

“Saya mengucapkan minal aidzin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh jajaran yang menunaikan, Jadikan momentum ini untuk introspeksi diri, dan meningkatkan rasa empati kepada seluruh insan”, urainya.

Sementara itu, Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad mengajak kepada seluruh jajaran untuk terus menjaga integritas.

“Tentunya semua arahan dan instruksi pimpinan akan langsung kita pedomani untuk kita tindak lanjuti”, ucap Bayu.

Menurut Bayu, dirinya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, dan berpesan sebagai pelayanan masyarakat, jangan pernah lelah memberikan yang terbaik.

Bayu juga berharap dengan genapnya usia pemasyarakatan yang ke-59 tahun, dengan semangat PASTI dapat menjadi stimulus seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kapabilitas serta dedikasi agar pemasyarakatan semakin maju terdepan.

Kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Karutan Tanah Grogot yang disaksikan seluruh jajarannya. (*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.