Bupati Fahmi Terima penghargaan Paritrana Award Kategori Pemerintah Daerah

1048

SOROTONLINE.COM – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menerima penghargaan Paritrana Award Kategori Pemerintah Daerah, yang diserahkan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor.

Penghargaan tersebut merupakan keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser dalam melaksanakan penerapan program Jaminan Kesehatan bagi Tenaga kerja Rentan di Wilayah Kabupaten Paser.

“Pemberian pelayanan jaminan kesehatan Tenaga Kerja Rentan di wilayah Kabupaten Paser diantaranya, Marbot, Guru Ngaji, Nelayan, Pelaku UMKM, Nelayan, Petani serta tenaga Kesehatan di Desa,” kata Bupati Paser dr Fahmi Fadli, Rabu (5/7/2023).

Terkait perhargaan, Bupati Paser mengatakan, hal tersebut merupakan buah dari penerapan program perlindungan pekerja rentan oleh setiap instansi dan juga perangkat daerah di lingkungan Pemkab Paser dalam rangka mewujudkan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera) yakni meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja bagi masyarakat.

Oleh karena itu Fahmi meminta agar prestasi terhadap pelayanan jaminan pekerja rentan di Kabupaten Paser bisa terus ditingkatkan, dan saat ini sudah mencapai 60 persen dari tenaga kerja penerima Jaminan Kesehatan Pekerja Rentan.

Sementara itu Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, pelaksanaan Launching Perlindungan 100.000 Pekerja Rentan Provinsi Kalimantan Timur merupakan bentuk Komitmen bersama.

Dikatakan, Pemerintah Kalimantan Timur dan seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur bersama-sama dalam memberikan perlindungan pada pekerja rentan di daerahnya masing-masing.

“Jika dihitung secara teliti, sebenarnya lebih dari 100.000 Pekerja rentan di Wilayah Kalimantan Timur yang telah menerima Perlindungan Kerja melalui Program BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Isran Noor.

Terpisah, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Paser, Madju Simangunsong menyebut, dalam mendukung pencapaian pelayanan jaminan kesehatan telah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sejak Mei hingga Juni.

“Sesuai arahan Bupati Paser, kami telah melaksanakan sosialisasi di beberapa desa, dari 139 desa kini sudah 30 desa yang menerapkan pelayanan Jaminan Kesehatan bagi pekerja rentan, kami targetkan ditahun ini tuntas 100 persen,” tutur Madju (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.