Pemkab Dukung Penuh Latsitarda Nusantara XLIV/2024 di Paser

86

SOROTONLINE.COM – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli hadiri upacara Pembukaan Latsitarda Nusantara XLIV/2024 di lapangan Pertamina Merdeka 2 Kota Balikpapan.

Kehadiran bupati dalam acara tersebut mengingat Kabupaten Paser menjadi salah satu Kabupaten/kota di Kaltim yang menjadi tempat Latihan Integrasi Taruna Wreda(Latsitarda) Nusantara XLIV/2024.

“Hadirnya Pemkab Paser dalam upacara pembukaan Latsitarda Nusantara XLIV/2024 merupakan bentuk dukungan Pemkab Paser dalam suksesnya kegiatan 30 tahunan ini, ” Kata Bupati Fahmi, Senin (6/5).

Sebagai daerah yang ditunjuk persiapan Latsitarda Nusantara XLIV/2024, Pemkab Paser telah melakukan monitoring dan evaluasi bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Monitoring itu kata dia, di dinas terkait di lingkungan Pemkab Paser beserta Dandim 0904/Psr dan Kapolres Paser guna memastikan bahwa persiapan sudah matang.

“Informasinya para Taruna ini besok atau lusa mulai menuju ke Kabupaten Paser. Sesampainya disana bakal disambut Sekertaris Daerah Paser melalui upacara penyambutan,” ujarnya.

Dikatakan, Taruna yang ditempatkan di Kabupaten Paser sebanyak 324 orang terdiri dari Akmil, AAU, AAL, IPDN, BSSN, UNHAN, serta Mahasiswa.

Para Taruna nantinya disebar di 7 Kecamatan yakni Tanah Grogot 92 Taruna, Kuaro 42 taruna, Long Kali 34 Taruna, Long Ikis 33 Taruna, Batu Engau 37 Taruna, Paser Belengkong 49 Taruna dan Kecamatan Batu Sopang 37 taruna.

“Jadi totalnya ada 324 Taruna yang terdiri dari Akmil, AAU, AAL, IPDN, BSSN, UNHAN, serta Mahasiswa,” tuturnya.

Para Taruna itu berada di Kabupaten Paser mulai 7 Mei hingga 3 Juni 2024 dan tinggal di rumah orang tua asuh yang ada di setiap kecamatan.

Sebagai bentuk dukungan kata Fahmi, Pemkab Paser sendiri secara teknis semua sudah di persiapkan, baik terkait anggaran beserta sarana dan prasarana.

Kehadiran Taruna tentu membuat warga kembali merasakan momen Latsitrdanus ini setelah 30 tahun dan belum tentu tahun selanjutnya bakal digelar di Kaltim khusus nya di Paser.

“Latsitrdanus ini pernah di gelar di Paser pada tahun 1992 silam, oleh karena itu Kabupaten Paser termasuk beruntung menjadi tempat Latsitarda,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.