Rakor Forkopimda Bersama Komponen Masyarakat, Wabup Paser Himbau Jaga Keamanan dan Ketertiban

363

SOROT – Wakil Bupati (Wabup) Paser H Kaharuddin menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Paser untuk menjaga keamanan dan ketertiban, demi terpeliharanya kerukunan dan kebersamaan dalam bermasyarakat yang berasaskan semangat persatuan dan kesatuan.

Hal tersebut disampaikan Kaharuddin, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Forkopimda bersama tokoh agama (toga), tokoh masyarakat (tomas), tokoh adat (toda), FKUB dan Ormas. Berlangsung di ruang Rupatama Mapolres Paser, Kamis (17/10/2019), membahas terkait aksi unjuk rasa berakhir ricuh di Kabupaten PPU.

“Kami menghimbau semua pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Tidak kalah penting, kita harus memelihara kerukunan dan kebersamaan dalam bermasyarakat, serta tidak terpancing atau terprovokasi oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab di media sosial,” kata Kaharuddin.

Dalam Rakor bersama Kapolres Paser AKBP Roy Satya Putra, Dandim 0904/Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tanah Grogot Agus Budi Haryanto dan Kejari Paser, Kaharuddin lebih lanjut berpesan agar masyarakat lebih bijak dalam menanggapi informasi yang terkandung dalam media sosial.

“Orang-orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan pesan berantai di media sosial dengan tujuan memprovokasi. Jadi jangan telan mentah-mentah informasi tersebut, apalagi kita tidak mengetahui secara jelas kebenarannya. Jangan menebar kebencian di ruang publik, itu dapat menimbulkan perpecahan dan berimplikasi masalah hukum,” tandasnya.

Kaharuddin juga berpesan, agar seluruh masyarakat Kabupaten Paser menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk memupuk semangat persaudaraan, perdamaian dalam kebersamaan. “Saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kemajuan Kabupaten Paser,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Paser AKPB Roy Satya Putra mengatakan, Rakor digelar untuk menyatukan persepsi dalam rangka menciptakan suasana yang aman dan tertib di Kabupaten Paser. “Alhamdulillah, kita sepakat apa yang terjadi di PPU jangan sampai melebar dan terulang, demi terjaganya keamanan dan ketertiban,” kata Roy.

Dalam Rakor yang dihadiri Ketua PCNU Paser H Khairul Huda, Ketua MUI Paser H Azhar Bahruddin, Sekretaris LAP Aji Agustiawarman, Sukran Amin dari Paser Bekerai dan lainnya, disepakati pula bahwa Pemkab Paser akan memfasilitasi kunjungan toga, tomas, toda dan lainnya ke Muara Toyu.

“Kami juga menghimbau masyarakat Kabupaten Paser agar bijak menggunakan media sosial. Dan kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Paser tetap aman dan kondusif,” terangnya. (kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.