Tanam Pohon Eboni, Kapolda Kaltim Kunjungi Kideco

466

SOROT – Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono didampingi Kepala Biro SDM, Dir Binmas, Dir Narkoba, Dansat Brimob Polda Kaltim dan Kapolres Paser AKBP Murwoto melakukan kunjungan ke PT Kideco Jaya Agung (Kideco), di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Sabtu (29/2/2020).

Kunjungan tersebut disambut langsung Presiden Direktur PT Kideco Jaya Agung Muhammad Kurnia Ariawan, Kepala Teknik Tambang Kideco (KTT) Iddin Arake dan jajaran Managemen Kideco lainnya.

Kedatangan Kapolda Kaltim ke perusahaan tambang batu bara terbesar ketiga di Indonesia, setelah KPC dan Adaro, adalah sebuah kehormatan tersendiri bagi Kideco menerima kunjungan.

“Terima kasih Pak Kapolda, sebuah penghormatan bagi Kideco menerima kunjungan ini,” kata Presiden Direktur PT Kideco Jaya Agung Muhammad Kurnia Ariawan dalam acara ramah tamah pada kunjungan tersebut.

Lebih lanjut, Kurnia juga menceritakan secara singkat keberadaan Kideco di Bumi Daya Taka, diawali pada tahun 1982 dengan mempekerjakan 15.000 Karyawan serta memperoleh proper emas dari pemerintah.

“Kideco memperoleh proper emas di Januari 2020 kemarin, penghargaan lingkungan hidup tertinggi yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ucapnya.

Selain itu, Kurnia juga menyampaikan program kegiatan Kideco, diantaranya adalah Integrated Farming System (IFS) atau pertanian terpadu. Kegiatan ini kolaborasi peternakan dan pertanian dalam satu kawasan lahan.

“Cara ini lebih efiesien biaya dan hasilnya besar. IFS adalah lahan pertanian, peternakan, kolam ikan dan lainnya, sehingga kotoran ternak bisa dijadikan pupuk tanaman, program IFS ini dikelola warga sekitar,” jelasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono Mengapresiasi Kideco telah memberikan penghidupan pada 15.000 karyawan tambang, dan tempat para pekerja berkiprah membangun negara.

Patut disyukuri kata Muktiono, Kideco mengelola tambang dengan baik dan benar, hal itu terbukti atas diperolehnya proper emas, penghargaan lingkungan hidup tertinggi yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain peduli pada lingkungan kata dia, Kideco sebagai Member of Indika Energy Group, salah satu perusahaan multinasional Indonesia dan saat ini komposisi saham 91% Indika dan Samtan Co, Ltd. 9%, juga memberdayakan masyarakat sekitar melalui pelatihan berbagai bidang pembangunan.

“Kideco melakukan pelatihan pendidikan, sosial ekonomi, kesehatan, infrastruktur dan kegiatan lainnya. Ini memang kewajiban kita untuk mensejahterakan masyarakat sekitar, melatih dan memberdayakan mereka menjadi mandiri,” ungkapnya.

Kepada Kideco Muktiono juga berharap agar mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Eks tambang di daerah lain ada menelan korban dan jadi sorotan media, karena pasca ditambang tidak direklamasi secara baik dan benar,” terangnya.

Usai ramah tamah, Kapolda Kaltim dan jajaran diajak Presiden Direktur PT Kideco Jaya Agung, menuju Arboretum Tandarayan untuk pelaksanaan kegiatan penanaman pohon di lahan reklamasi.

Dilokasi itu, Presiden Direktur Kideco Muhammad Kurnia Ariawan penyerahan bibit pohon Eboni secara simbolis kepada Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono. Dengan ucapan Basmalah mereka memulai menanam pohon.

“Bismillahi Rahmanir Rahim, untuk anak cucu kita nanti, mari kita membangun negeri ini dan tetap memperhatikan keberlangsungan kelestarian alam,” kata Muktiono. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.