Paser Akan Lakukan Rapid Test Pada Petugas dan Masyarakat yang Beresiko Terpapar Virus COVID-19

173

SOROT – Untuk menekan penyebaran COVID-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Paser akan melakukan tes cepat atau rapid test kepada orang yang beresiko terpapar virus COVID-19.

“Beberapa hari kedepan mudah-mudahan bisa secepatnya kita melakukan tes rapid dengan jumlah banyak,” kata Amir Faisol, Juru Bicara (jubir) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Paser, Kamis (28/5/2020) di Tanah Grogot, Kalimantan Timur.

Target rapid test kata Amir khususnya para petugas kesehatan, karena mereka merupakan bagian orang-orang yang setiap hari bekerja melayani pasien yang sangat rentan terjadi penularan.

“Beberapa hari yang lalu seperti contoh kasus di Puskesmas Longikis dan Puskesmas Longkali, sudah semuanya dilakukan rapid test dan Alhamdulillah hasilnya non reaktif,” terangnya.

Kegiatan rapid test itu kata Amir dilakukan secara bertahap kepada seluruh petugas puskesmas dan rumah sakit, Termasuk juga dilakukan rapid test kepada petugas di pos jaga perbatasan di empat lokasi.

“Jadi nanti saya koordinasi kepada para camat yang wilayahnya ada pengukuran suhu tubuh, ini bagian dari strategi kita melakukan skrining,” ungkapnya.

Tak hanya petugas, rapid testest juga menyasar kelompok masyarakat yang mempunyai resiko tinggi kepada orang yang terinfeksi COVID-19.

“Kita berharap banyak masyarakat bisa dilakukan rapid, tapi itu pun nanti tergantung rapid test yang ada, intinya kita juga melakukan skala prioritas gitu,” terangnya. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.